Pendelegasian Tugas dan Tanggungjawab



Pendelegasian Tugas dan Tanggungjawab
Oleh:Dimas Hari Pratama

A.Uraian Tugas
Struktur organisasi adalah bagian dari manajemen atau pengeloalaan proyek dengan cara tertentu untuk mendapatkan tujuan tertentu. Secara garis besar pihak-pihak yang terlibat dalam suatu proyek yaitu sebagai barikut (Kasipal, 2012)
Membantu Chief Inspector Dan mengawasi pelaksanaan pekerjaan dari aspek prosedur dan kuantitas pekerjaan berdasarkan dokumen kontrak.
1.      Bertanggung jawab Penuh Terhadap Chief Inspector untuk mengawasi kuantitas pekerjaan yang dilaksanakan kontraktor.
2.      Melakukan Pemeriksaan gambar kerja kontraktor berdasarkan gambar rencana serta memeriksa dan memberi ijin pelaksanaan pekerjaan kontraktor.
3.      Mengawasi dan memberi pengarahan dalam pelaksanaan pekerjaan agar sesuai dengan prosedur berdasarkan spesifikasi teknis.
4.      Berhak Menerima dan menolak hasil pekerjaan kontraktor berdasarkan spesifikasi teknis.
5.      Membuat laporan harian mengenai aktivitas kontraktor untuk kemajuan pekerjaan, terdiri dari cuaca, material yang dating (masuk), perubahan dan bentuk dan ukuran pekerjaan, peralatan di lapangan, kuantitas dari pekerjaan yang telah diselesaikan, pengukuran di lapangan dan kejadian-kejadian khusus.
6.      Memeriksa gambar terlaksana (As Built Drawing).
7.      Membuat catatan lengkap tentang peralatan, tenaga kerja dan material yang digunakan dalam setiap pekerjaan yang merupakan atau mungkin akan menjadi pekerjaan tambah (extra). (Ahli, 2014)

B.Uraian Tanggung Jawab
Hal utama yang harus dilakukan oleh PM adalah berhubungan langsung dengan tim proyek untuk pihak luar. Mereka bertanggung jawab untuk memberikan raporan mengenai rencana dan program yang ada kepada user, menajer tingkat atas dan kepada siapa saja yang memerlukan. Semua informasi dari yang selalu berubah, keuangan, jadwal, orang dan isu perusahaan atau semua hal yang mempengaruhi perusahaan harus dikomunikasikan dengan PM yang akan menyampaikan kepada para anggota tim. PM akan menggunakan segala informasi yang ada untuk menyelesaikan pekerjaan. (Anjar, 2013)

Manajemen waktu proyek merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang manajer proyek. Manajemen waktu proyek dibutuhkan manajer proyek untuk memantau dan mengendalikan waktu yang dihabiskan dalam menyelesaikan sebuah proyek. Dengan menerapkan manajemen waktu proyek, seorang manajer proyek dapat mengontrol jumlah waktu yang dibutuhkan oleh tim proyek untuk membangun deliverables proyek sehingga memperbesar kemungkinan sebuah proyek dapat diselesaikan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. (Wikipidia, 2016)

Pendahuluan Perencanaan Proyek adalah langkah awal, sumber
daya, biaya dan jadwal yang dibutuhkan untuk menyelesaikan
proyek. PPP adalah dokumen internal, tidak perlu ditunjukkan ke
user, terutama user luar. (Prayoga, 2010)

Daftar Pustaka

Ahli, T. (2014, 08). Uraian Tugas. Retrieved from http://www.uraiantugas.com/2014/08/tugas-dan-kewajiban-inspector.html.
Anjar. (2013, Juli 11). Anjar'S blog. Retrieved from https://anjaruntoro.wordpress.com/2013/07/11/peran-dan-tanggungjawab-manajer-proyek-dan-pemimpin-proyek-dalam-7-fase-pengelolaan-proyek/.
Kasipal, A. (2012, 01). AndyKasipal.blogspot.co.id. Retrieved from http://andykasipil.blogspot.co.id/2012/01/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html.
Prayoga. (2010). Perencanaan Proyek. In Prayoga, Perencanaan Proyek (pp. 1-8).
Wikipidia. (2016, Agustus 04). Wikipida. Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_proyek.

Biografi

Nama               :Dimas Hari Pratama
Sekolah            :SMK ISLAM 1 BLITAR
Motto   :Jangan Menyerah Dalam Belajar
Klik Disini Untuk Lebih Jelasnya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Mind Mapping dalam Pengembangan Ide Proyek

Pangsa Pasar Proyek

Analisi Rancangan Kerja Proyek