Pangsa Pasar Proyek
Pangsa Pasar Proyek
Aspek pasar adalah inti dari penyusunan Studi Kelayakan Proyek,
karena permintan pasar terhadap produk merupakan dasar untuk menyediakan
produk. Oleh karena itu studi mengenai Aspek Pasar bertujuan untuk
mengetahui besarnya permintaan terhadap produk yang akan disediakan dan
menempatkan produk yang akan dipasarkan pada posisi yang menguntungkan
sehingga proyek bisa dijalankan.
Aspek pasar yang dianalisa meliputi permintaan pasar terhadap produk
yang akan disediakan, analisa tingkat persaingan dan strategi pesaing
dalam memasarkan produknya, sehingga bisa dirancang produk dan metode
pemasaran yang bisa memenangkan persaingan.
Hal yang tak kalah pentingnya adalah analisa mengenai pangsa pasar
yang akan diperoleh dengan mempertimbangkan tingkat permintaan,
penawaran dan program pemasaran yang akan diterapkan.
Untuk melakukan penelitian mengenai Aspek Pasar perlu dilakukan studi
secara informal dan formal. Penelitian secara informal bisa dilakukan
dengan melakukan tes pasar di rencana lokasi proyek. Tes pasar dilakukan
dengan menyebar brosur atau membuat spanduk yang mengiklankan produk
kita. Dari spanduk dan brosur yang disebar dapat diketahui respon pasar
terhadap produk yang akan ditawarkan.
Analisa Permintaan Pasar Terhadap Perumahan di Lokasi yang akan Dibangun Proyek
Besarnya permintaan perumahan di lokasi yang akan dibangun proyek
dapat diketahui dengan melakukan penelitian. Penelitian bisa dilakukan
sendiri atau dengan bantuan konsultan property.
Memperkirakan Permintaan Perumahan di Masa yang Akan Datang
Perkiraan terhadap permintaan pasar di masa yang akan datang dapat
dilakukan dengan melihat dan mempelajari kondisi permintaan pasar hari
ini. Khusus di bidang property kondisi makro ekonomi sangat mempegaruhi
pasar, jika kondisi makro ekonomi baik maka akan berpengaruh terhadap
daya beli masyarakat.
Penelitian Pasar
Penelitian formal dilakukan dengan mencari data-data penjualan produk
sejenis sesuai dengan pangsa pasar yang dituju. Data-data tersebut bisa
diperoleh dari laporan perusahaan sejenis, laporan pemerintah, asosiasi
seperti Real Estate Indonesia (REI), Asosiasi Pengembang Perumahan dan
Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI) dan sumber lainnya.
Penelitian Aspek Pasar juga bertujuan untuk mengetahui karakteristik
permintaan pasar saat ini. Karakteristik pasar meliputi pangsa pasar,
besarnya permintaan riil saat ini terhadap produk yang akan disediakan.
Perencanaan Strategi Pemasaran
Strategi
pemasaran yang dirancang harus meliputi semua faktor yang berhubungan
dengan produk, seperti kondisi pasar pada saat ini, analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Treaty) atau analisa mengenai kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, strategi promosi, strategi perolehan laba dan pengendalian.
Strategi pemasaran diperlukan untuk mengetahui cara yang paling cocok
untuk memasarkan produk kita. Strategi pemasaran yang tepat menjamin
kesuksesan proyek sesuai dengan timeline proyek yang sudah disusun.
Strategi pemasaran pada dasarnya tergantung pada segmentasi pasar
yang dituju. Produk yang dirancang untuk kalangan orang-orang kaya
seharusnya berbeda cara pemasarannya dengan produk yang dirancang untuk
kalangan menengah ke bawah.
Produk untuk kalangan menengah ke atas biasanya dilakukan dengan
mengadakan pameran di mal-mal di pusat kota, mengikuti pameran property
skala besar dan diikuti dengan penyebaran brosur eksklusif. Bisa juga
dengan undangan gathering di hotel berbintang untuk kalangan tertentu, mengadakan press release dan acara yang dapat mengumpulkan massa dari segmen pasar yang dituju.
Pemasaran dengan metode ini tidak efektif jika dilakukan untuk produk
untuk kalangan menengah ke bawah, terutama karena besarnya biaya yang
dibutuhkan untuk metode pemasaran tersebut.
Secara singkat dapat dibuat bahwa penelitian mengenai Aspek Pasar menyangkut hal-hal sebagai berikut:
- Pasar potensial
- Segmentasi pasar
- Analisa pesaing
Komentar
Posting Komentar