Pengemasan Hasil Kerja Proyek
Pengemasan
Hasil Kerja Proyek
Oleh:Dimas Hari Pratama
Oleh:Dimas Hari Pratama
A.Target market
Selama ini
terlihat gejala semakin banyak perusahaan memilih pasar sasaran yang akan
dituju, keadaan ini dikarenakan mereka menyadari bahwa pada dasarnya mereka
tidak dapat melayani seluruh pelanggan dalam pasar tersebut. Terlalu banyaknya
pelanggan, sangat berpencar dan tersebar serta bervariatif dalam tuntutan
kebutuhan dan keinginannya. Jadi arti dari pasar sasaran adalah: Sebuah pasar
terdiri dari pelanggan potensial dengan kebutuhan alau keinginan tertentu yang
mungkin maupun mampu untuk ambil bagian dalam jual beli, guna memuaskan
kebutuhan atau keinginan tersebut.
Karena konsumen
yang terlalu heterogen itulah maka perusahaan perlu mengkelompokkan pasar
menjadi segmen-segmen pasar, lalu memilih dan menetapkan segmen pasar tertentu
sebagai sasaran. Dengan adanya hal ini, maka perusahaan terbantu untuk
mengidentifikasi peluang pasar dengan lebih baik, dengan demikian perusahaan
dapat mengembangkan produk yang tepat, dapat menentuan saluran distribusi dan
periklanan yang sesuai dan efisien serta. (google, 2014)
B.Ergonomis
Pengertian
unsur ergonomis pada produk kerajinan aspek fungsi menepati porsi utama atau
karya kerajinan selalu dikaitkan dengan aspek fungsi atau kegunaan. Maka karya
kerajinan harus mempunyai nilai ergonomis. Adapun unsur ergonomis karya
kerajinan adalah sebagai berikut :
Keamanan
(security) adalah jaminan tentang keamanan orang menggunakan produk kerajinan
tersebut. Setiap produk kerajinan tidak semuanya aman digunakan. Maka dari itu
sebelum kita membeli suatu kerajinan kita harus memilih-milih produk kerajinan
yang aman dan efisien untuk digunakan, serta kerajinan tersebut tidak gampang
rusak.
Kenyamanan
(comfortable) adalah kenyamanan apabila produk kerajinan tersebut digunakan.
Barang yang enak digunakan disebut barang terap. Produk kerajinan terapan
adalah produk kerajinan yang memiliki nilai praktis yang tinggi.
Keluwesan
(flexibility) adalah keluwesan penggunaan. Produk kerajinan adalah produk terap
atau pakai, yaitu produk kerajinan yang wujudnya sesuai dengan kegunaan atau terapannya.
Produk kerajinan terap atau pakai dipersyaratkan memberi kemudahan dan
keluwesan penggunaan agar pemakai tidak mengalami kesulitan dalam penggunaanya. (Manyuh, 2016)
C.Ciri Khas
hal-hal
khusus atau ciri yang dapat ditarik dari suatu pembacaan spektrum. Umumnya yang
dilihat adalah puncak-puncak yang muncul, jarak antaranya dan juga letak dari
daerah-daerah plateau atau isyarat latar belakang yang ada. Untuk suatu isyarat
yang berubah terhadap waktu, ciri khas spektrum dapat diperoleh dengan terlebih
dahulu melakukan transformasi Fourier terhadap isyarat yang dimaksud dan
kemudian melakukan analisis lebih lanjut. Untuk data yang berbentuk diskrit
digunakan transformasi Fourier diskrit. Ciri khas spektrum dapat digunakan
untuk menentukan apakah suatu sistem berada dalam keadaan periodik,
semi-periodik atau chaos. (wikipedia,
wikipedia, 2016)
D.Ukaran
penentuan
besaran, dimensi, atau kapasitas, biasanya terhadap suatu standar atau satuan
ukur. Pengukuran tidak hanya terbatas pada kuantitas fisik, tetapi juga dapat
diperluas untuk mengukur hampir semua benda yang bisa dibayangkan, seperti
tingkat ketidakpastian, atau indeks kepercayaan konsumen. Pengukuran ada
beberapa macam alat yaitu: micro meter,jangka sorong,dial indikator,viler gauge
dll. (wikipedia,
2016)
E.Fungsi Pengemasan
a)
Sebagai wadah atau tempat Yaitu untuk
memudahkan penyimpanan produk yang berupa tepung – tepungan, butiran, cairan
dan gas agar tidak berserakan dan memudahkan pekerjaan bila akan dipindahkan
atau diangkut.
b)
Sebagai pelindung Disamping sebagai
pelindung bagi produk yang dikemas, kemasan juga berfungsi untuk melindungi
lingkungan sekitar produk. Bahan kemas yang akan dipilih tergantung dari sifat
– sifat produk serta kemampuannya untuk melindungi produk yang akan dikemas.
Bahan dan bentuk kemasan yang tidak memenuhi persyaratan akan menurunkan
kualitas produk yang dikemas dan bila terjadi kebocoran dapat menimbulkan
malapetaka seandainya produk yang dikemas adalah racun atau produk yang mudah
terbakar. Untuk melindungi produk dari air/udara, misalnya produk kering
seperti Calsium karbida, maka kadar airnya harus rendah untuk menghindarkan
terjadinya reaksi – reaksi kimia atau kerusakan yang ditimbulkan oleh mikroba
dan bahan kemasan yang digunakan harus kedap air agar uap air tidak bebas
keluar masuk kemasan. Produk yang mengandung zat volatil, seperti rempah –
rempah, wangi – wangian atau produk yang mudah menyerap bau seperti susu, kopi
maka digunakan kemasan yang mampu mencegah masuknya zat yang baunya tidak
disenangi. Produk yang sensitif mudah bereaksi dengan oksigen, seperti makanan
gorengan, dapat dipilih bahan kemasan yang tidak dapat ditembus oksigen, baik
yang dihampa udarakan maupun kemasan yang diberi gas pengisi. Untuk melindungi
produk yang mengalami proses karbonisasi seperti bir, coca cola, fanta dan
sejenisnya harus dipilih kemasan yang kedap CO2 dan mampu melawan tekanan yang
ditimbulkan oleh adanya CO2 dalam produk yang akan meningkat bila suhu produk
meningkat atau terkocok. Untuk mengemas produk yang sensitif sinar atau cahaya
seperti bir, film photo, obat – obatan dan sebagainya, dianjurkan menggunakan
kemasan yang dapat menahan sebagian sinar sehingga kerusakan bahan tersebut
dapat diperkecil. Namun konsumen kadang – kadang ingin tahu produk atau
kemurnian produk yang dikemas, sehingga dalam hal ini perlu dicantumkan
informasi tentang produk. Produk yang mudah diserang oleh serangga dan rodent
dapat dipilih jenis kemasan yang tahan terhadap gigitan rodent atau
permukaannya dibuat sedemikian rupa sehingga tidak ada bagian – bagian yang
dapat dijadikan pangkal tempat menggigit, misalnya sisi yang tajam dan lain-lain.
Namun sebelum dikemas produk hendaknya diberi perlakuan yang dapat membasmi
serangga dan rodent. Sedangkan untuk bahan – bahan yang mudah pecah seperti
gelas, keramik, telur dapat digunakan kemasan yang tahan terhadap benturan
mekanik dan dapat mengurangi guncangan.
c)
Sebagai penunjang cara penyimpanan dan
transport Produk – produk yang akan dipasarkan biasanya tidak langsung dibawa
dari pabrik ke pengecer, tetapi melalui saluran pemasaran yang agak panjang.
Selain itu ada beberapa bahan yang harus disimpan dulu sebelum dijual untuk
pengontrolan kualitasnya, sehingga kemasan harus dibuat sedemikian rupa agar
efisien dalam menggunakan ruangan penyimpanan. Yang dimaksud dengan efisien
yaitu memberikan perbandingan maksimum antara berat atau jumlah produk yang
disimpan dengan persatuan luas dari bangunan untuk penyimpanan, sehingga makin
tinggi penumpukan, makin tinggi juga efisiensinya. Kemasan harus dibuat selaras
dengan kemajuan dalam bidang teknologi dan transportasi, bentuk dan ukurannya
harus cocok dengan kemampuan dan ukuran alat – alat yang digunakan, misalnya
produk akan diangkut dengan pesawat terbang, maka ukuran dan bentuk kemasannya
harus sesuai dengan ukuran pintu pesawat terbang. Disain kemasan yang tepat
akan menunjang transportasi untuk dapat dilakukan dengan cepat.
d)
Sebagai alat persaingan dalam pemasaran Langkah pertama dalam memasarkan suatu
produk adalah menarik perhatian konsumen. Cara menarik ini diantaranya dengan
menempelkan sesuatu yang menarik pada kemasan produk tersebut, misalnya gambar
bayi yang sehat dan komposisinya bila yang dipasarkan makanan bayi. Bila
langkah pertama telah berhasil, maka peluang untuk memenangkan persaingan sudah
menjadi lebih besar, selanjutnya tergantung pada produk itu sendiri, apakah
harganya terjangkau, keadaanya sesuai dengan selera konsumen, kualitasnya baik
sesuai dengan informasi/label yang telah diberikan. (Rahmawati,
2011)
Daftar Pustaka
google, S. (2014). sites.google.com.
Retrieved from https://sites.google.com/site/pemasaranpasar/.
Manyuh. (2016, Mei). www.bahanbacaan.com. Retrieved from
http://www.bahanbacaan.com/2016/05/pengertian-unsur-estetika-dan-ergonomis.html.
Rahmawati, F. (2011). Pengemasan. In F. Rahmawati, Pengemasan
(pp. 1-9).
wikipedia. (2016, Januari 02). wikipedia. Retrieved from
https://id.wikipedia.org/wiki/Pengukuran.
wikipedia. (2016, Maret 01). wikipedia. Retrieved from
https://id.wikipedia.org/wiki/Ciri_khas_spektrum.
Biografi
Nama :Dimas Hari Pratama
Sekolah :SMK ISLAM 1 BLITAR
Motto :Jangan Menyerah Dalam Belajar
Klik Disini Kalau Mau Download
Sekolah :SMK ISLAM 1 BLITAR
Motto :Jangan Menyerah Dalam Belajar
Klik Disini Kalau Mau Download
Komentar
Posting Komentar