Pengertian Tim Kerja
Pengetian Tim Kerja adalah kelompok yang
usaha-usaha individualnya menghasilkan kinerja lebih tinggi daripada jumlah
masukan individual (Stephen, Timothy 2008). Hal ini memiliki pengertian bahwa
kinerja yang dicapai oleh sebuah tim lebih baik daripada kinerja perindividu
disuatu organsasi ataupun suatu perusahaan.
Allen (2004) pekerja tim atau tim kerja
adalah orang yang sportif, sensitif dan senang bergaul, serta mampu mengenali
aliran emosi yang terpendam dalam tim dengan sangat jelas. Tim kerja
menghasilkan sinergi positif melalui usaha yang terkoordinasi. Usaha-usaha
individual mereka menghasilkan satu tingkat kinerja yang lebih tinggi daripada
jumlah masukan individual.
Penggunaan tim secara ekstensif menghasilkan
potensi bagi sebuah organisasi untuk membuahkan banyak hasil yang lebih besar
tanpa peningkatan masukan. Kinerja tim akan lebih unggul daripada kinerja
individu jika tugas yang harus dilakukan menuntut ketrampilan ganda.
Sebuah tim (team) adalah sebuah unit yang terdiri
dari 2 orang atau lebih yang berinteraksi dan mengkoordinasikan pekerjaan
mereka untuk menyelesaikan sebuah tugas yang spesifik (Daft, 2003). Definisi
ini mempunyai tiga komponen. Pertama, diperlukan 2 orang atau lebih. Tim dapat
cukup besar, walaupun kebanyakan kurang dari 15 orang. Kedua, orang dalam
sebuah tim melakukan interaksi secara teratur. Orang yang tidak berinteraksi,
dan tidak membentuk sebuah tim. Ketiga, orang dalam sebuah tim terbagi sebuah
tujuan berkinerja.
Komentar
Posting Komentar